QUOTE(EarendurFefalas @ Jun 9 2016, 03:14 AM)
Seems like yes
sos:
http://soalsolatumum.blogspot.my/2010/05/q...elum-tidur.htmlSolat Tahajjud adalah solat malam yang dilaksanakan setelah bangun tidur
sos:
https://shafiqolbu.wordpress.com/solat-suna...sunat-tahajjud/Solat malam terbahagi kepada dua kategori; solat sebelum tidur dan solat selepas tidur. Kedua-duanya adalah qiamullail.
sos:
http://www.sinarharian.com.my/rencana/qiam...ad-saw-1.253274Bagi aku buat ikut kemampuan je, walaupon tak dapat tahajjud tapi dapat "solat malam"
sos:
https://shafiqolbu.wordpress.com/solat-suna...sunat-tahajjud/plus, jangan lupa solat witir, boleh buat sebelum or selepas tidur ikut kemampuan
sos:
https://visitor74.com/2013/08/09/sahih-bukh...i-dalam-masjid/I'd like to add something - especially to remind myself:
Let's not forget that Allah will descend to the heavens in the last third of each night, based on authentic hadeeth (see Hadits An-Nuzul at the end).
It is the time that He will listen to our supplications, grant forgiveness, etc.
From the general language of the hadits An-Nuzul, this benefit is there for the taking to anyone who is awake (Regardless of whether or not we have slept prior to this moment). Hence, either tahajjud or qiyamul-lail will reap this benefit.
On the other hand, by literal meaning of the hadits An-Nuzul, if you sleep and wake up before such timing, you will have performed tahajjud (according to previous definition of tahajjud), but you miss out on the opportunity to reap the benefits of the hadits An-Nuzul.
reference hadits:
TAKHRIJ HADITS AN-NUZUL
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ الأَخِيْرِ يَقُوْلُ : مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ, مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ, مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’”
Hadits ini dinukil dengan sanad yang shahih dari generasi ke generasi dan mencapai derajat mutawatir, karena hadits ini diriwayatkan dari sejumlah sahabat Nabi, diantaranya:
1. Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu’anhu,
2. Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu,
3. Abu Hurairah radhiyallahu’anhu,
4. Jubair bin Muth’im radhiyallahu’anhu,
5. Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu’anhu,
6. ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu,
7. Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu’anhu,
8. Amru bin ‘Abasah radhiyallahu’anhu,
9. Rifa’ah bin ‘Arabah Al-Juhani radhiyallahu’anhu,
10. Utsman bin Abi ‘Ash Ats-Tsaqafi radhiyallahu’anhu,
and so on (so many sahabat).
Hadits ini dikeluarkan oleh sekelompok ulama ahli hadits, diantaranya:
1. Al-Bukhari dalam Shahih-nya, kitab At-Tahajud, bab Ad-Du’a fish Shalah min Akhiril Lail, no. 1145; kitab Ad-Da’awat, bab Ad-Du’a Nishfu Al-Lail, no. 6321; dan kitab At-Tauhid, bab Qaul Allahu Ta’ala: Yuriduna An Yubaddilu Kalam Allah, no. 7494.
2. Muslim dalam Shahih-nya, kitab Shalatul Musafirin wa Qasriha, bab At-Targhib fid Du’a wal Dzikri fil Akhiril Lail wal Ijabati Fihi, no. 758.
3. At-Tirmidzi dalam Sunan-nya, kitab Ash-Shalah, bab Ma Ja’a Fi Nuzulir Rabbi Tabaraka wa Ta’ala Ilas Sama’i Ad-Dunya Kulla Lailah, no. 446; kitab Ad-Da’awat ‘An Rasulillah, bab Ma Ja’a Fi ‘Aqdit Tasbih Bil Yad, no. 3498.
4. Abu Dawud dalam Sunan-nya, kitab Ash-Shalah, bab Ayyu Lail Afdhal?, no. 1315; dan kitab As-Sunnah, bab Ar-Raddu ‘Alal Jahmiyyah, no. 4733.
and so on...